IPB Memecahkan Rekor Wisuda Doktor Terbanyak

7:20 AM
Dunia Kampus - Institut Pertanian Bogor (IPB) mewisuda 180 orang lulusan tingkat doktor, Rabu (25/4). Wisuda ini memecahkan rekor dengan lulusan doktor terbanyak di Indonesia.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, keberhasilan meluluskan ratusan lulusan bergelar doktor ini merupakan buah dari program pembenahan administrasi akademik dan peningkatan mutu yang dilakukan selama ini. "Kebijakan ketentuan khusus bagi mahasiswa yang telah melampaui masa studi yang ditentukan juga memberi kontribusi besar," kata dia.


Total mahasiswa ITB yang diwisuda pada kesempatan ini sebanyak 906 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 180 mahasiswa tingkat S3, 163 mahasiswa tingkat S2, dan 504 mahasiswa tingkat S1. Gelar lulusan terbaik tingkat sarjana diraih Laras Mutiara Diva dari Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Laras lulus dengan IPK tertinggi 3,90 dan mendapat predikat cum laude.

IPB, kata Heri, baru saja memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai 'Penemu Beras Non Padi Pertama di Indonesia'. Tim Peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian, IPB yang terdiri beberapa dosen, peneliti dan mahasiswa, berhasil membuat beras analog atau beras tiruan yang berasal dari sumber-sumber karbohidrat selain padi yaitu jagung, sagu, umbi-umbian, sorgum dan bahan lainnya.

"Penemuan ini merupakan komitmen IPB untuk terus mendukung program nasional diversifikasi pangan," ujar dia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »